Thursday, February 25, 2010

8 Keutamaan Surah Yaasin


Surah Ya Sin (bahasa Arab:يس) adalah surah ke-36 dalam al-Qur'an. Surah ini terdiri atas 83 ayat, termasuk golongan surah-surah Makkiyah serta diturunkan sesudah surah Al-Jinn. Dinamai Ya Sin karena dimulai dengan huruf Ya Sin. Sebagaimana halnya arti huruf-huruf abjad yang terletak pada permulaan beberapa surat Al-Quran, maka demikian pula arti Ya Sin yang terdapat pada ayat permulaan surah ini, yaitu Allah mengisyaratkan bahwa sesudah huruf tersebut akan dikemukakan hal-hal yang penting antara lain: Allah bersumpah dengan Al-Quran bahwa Muhammad SAW benar-benar seorang rasul yang diutus-Nya kepada kaum yang belum pernah diutus kepada mereka rasul-rasul.

Adapun keutamaan surah Yaasin adalah

1. Apabila ada orang yang lapar lalu membaca surah Yaasin dengan khusyu' maka Allah mengenyangkannya
2. Apabila ada orang susah lalu membaca surah Yaasin dengan khusyu' maka Allah menghilangkan kesedihannya
3. Apabila ada orang yang mempunyai hajat lalu membaca surah Yaasin dengan khusyu' maka Allah mengabulkannya
4. Apabila dibaca di waktu pagi maka Allah akan melindungi sampai waktu sore
5. Apabila dibacakan untuk suatu kaum maka kaum tersebut tersebut terbebas dari penyakit, wabah, dan malapetaka (bagus juga dibacakan buat Indonesia, karena sering kena bencana. hahaha...)
6. Apabila dibaca di waktu malam maka Allah akan melindungi sampai waktu pagi
7. Apabila ada orang jahat meninggal dan dibacakan surah Yaasin maka siksa alam kubur akan diringankan oleh Allah. (itu fungsi anak yang sholeh, membacakan surah yaasin buat orang tuanya yang telah meninggal agar siksa kubur menjadi ringan bagi orang tuanya)
8. Apabila ada orang baik di alam kubur dibacakan surah Yaasin maka rohnya akan tenang dialam kubur.

(Allahu'alam bissawab)
Text Ads Code START -->